Jumat, 10 Januari 2014

Cristiano Ronaldo Juara Ballon d'Or

Soal Ballon d'Or, Ronaldo tak bakal mendapat keuntungan yang sama dengan Messi.Cristiano Ronaldo kembali mendapat serangan jelang digelarnya penghargaan Ballon d'Or pekan depan. Kali ini datangnya dari Adidas, selaku sponsor utama Lionel Messi dan FIFA.

Menurut ketentuan berlaku, Adidas bakal menikmati hak eksklusif untuk promosi FIFA Ballon d'Or dan segala merchendise terkait. Sementara Nike, yang jadi sponsor Ronaldo dan kandidat lainnya, Franck Ribery, tidak mendapat keistimewaan yang sama.

Artinya, superstar milik Real Madrid -- yang sangat difavoritkan untuk memenangi penghargaan -- tidak akan menghasilkan uang dari hasil penghargaan ini lewat cara yang sama jika Messiah kembali memenanginya.

"Kemitraan resmi yang sudah terjadi adalah alasan mengapa kami [Adidas] bisa menggunakan nama penghargaan ini [Ballon d'Or] untuk kegiatan promosi. Sementara itu Nike tidak dapat melakukan cara yang sama dengan kami," terang Ben Goldhagen, Senior PR Manager untuk Adidas UK dan Republik Irlandia, pada Goal.

Sepatu Adidas f50 edisi khusus, memang digunakan pabrikan asal Jerman tersebut untuk merayakan gelar Ballon d'Or yang diraih Messi empat kali beruntun. Cara yang sama bakal kembali digunakan jika La Pulga mampu meraih Penta Ballon d'Or di edisi kali ini.

"Kami pasti akan melihat segala kemungkinan untuk mengulang kampanye kami sebelumnya," ujar Goldhagen.

"Messi sendiri masih akan mengeluarkan sepatu sepakbola limited edition pada Maret esok [tanpa menghiraukan hasil Ballon d'Or]."

Sebaliknya, Ronaldo dan Nike jelas tak bisa memproduksi sepatu edisi spesial dengan mencatumkan embel-embel Ballon d'Or, layaknya Adidas f50 milik rival sejatinya itu.

Adidas sendiri jadi salah satu sponsor resmi untuk enam Piala Dunia terakhir. Mereka selalu memasok bola resmi dan segala peralatan olahraga sejak pagelaran PD 1970. Pada November lalu -- tepat 43 tahun kerja sama berlangsung -- Adidas memperpanjang ikatan kerjasamanya dengan FIFA hingga 2030. Kesepakatan terakhir terjadi pada 2005, kala itu nilai kontrak yang ditetapkan sekitar €30 juta per tahun. Nilai kontrak teranyar diyakini lebih besar dari perjanjian terdahulu.

1 komentar: